Subscribe:

Kamis, 18 Juli 2013

Mengembalikan Ukuran Flashdisk yang Berkurang ke Ukuran Semula dengan Bootice

mungkin diantara kita ada yang pernah mengalami ukuran flashdisk menjadi kecil bahkan sampai 0 KB,apahal ukuran aslinya 8 GB.penyebab berubahnya ukuran flashdisk adalah kerusakan hardware,jika garansi masih ada silakan tukarkan ke toko tempat anda beli,namun apabila perubahan ukuran flashdisk tersebut disebabkan oleh virus(malware),yang sengaja merusak partisi flashdisk anda,meski virus tersebut sudah hilang karena antivirus,tetapi efeknya bisa saja tetap ada,biasanya bagi yang belum tahu mengkin flashdisk tersebut akan dianggap rusak dan dibuang, tetapi bagi yang telah membaca postingan jangan sampai membuang flashdisk tersebut.
kali ini saya akan memberikan referensi software yang dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang sudah terkena virus malware,yah software itu adalah bootice,sebuah software gratis yang memungkinkan anda memperbaiki partisi flashdisk anda,berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. tancapkan Flashdsik ke komputer anda
  2. buka program BOOTICE lebih disarankan diklik kanan terlebih dahulu lalu pilih run as administrator
  3. pilih USB yang diinginkan
    1
  4. setelah usb dipilih klik Part Manage,akan muncul jendela baru yang berisi detail usb yang diinginkan
    2
  5. klik Reformat USB Disk,kemudian akan muncul tampilan pilihan "Repartition and Format USB device",Untuk Disk Mode pilih saja "USB-HDD mode (Single Partition)" dan Partition alignment pilih "Align to cylinder". Selanjutnya tekan saja tombol Next.
    3
  6. tampil jendela format options,untuk bagian File System pilih FAT 16 untuk USB ukuran 2GB kebawah,dan FAT 32 untuk USB ukuran 4 GB keatas,sedangkan untuk label isi sesuai keinginan anda
    4

Apabila cara ini berhasil maka kapasitas USB anda akan kembali normal,sedangkan kalau tidak berhasil coba ubah Disk Mode pada "Repartition and Format USB device" menjadi USB-FDD Mode.

Link Download BOOTICE

Download

12 komentar:

  1. Thanks gan, pertamaxx :D
    Semoga sukses selalu dan uptodate :v

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya gan..
    sangat membantu =)

    BalasHapus
  3. makasih gan petunjuknya, berhasil

    BalasHapus
  4. thanks,, sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
  5. terima kasih gan, sangat membantu (^_^)//

    BalasHapus
  6. Ga berhasil gan, kenapa yah??? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  7. gan,kok malah ukurannya 1 kb lagi si ?

    BalasHapus
  8. manta gan, thanks, sangat membantu. (y)

    BalasHapus
  9. ternyata artikel ini benar, karena udah saya praktekin dan berhasil, flashdisk saya semula 8GB jadi 740MB, setelah saya gunakan BOOTICE kembali ke 8GB...Thank's mas BRO

    BalasHapus